Strategi Sukses dalam Bisnis Sepatu

Sepatu menjadi salah satu kebutuhan bagi pria maupun wanita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sepatu merupakan produk fungsional untuk melindungi kulit kaki dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Namun saat ini kehadiran sepatu juga termasuk bagian dari pilihan fashions item yang wajib dimiliki untuk menunjang penampilan seseorang agar terlihat lebih menarik. Semakin banyak pula jenis, model dan bentuk sepatu untuk disesuaikan dengan pakaian agar terlihat serasi saat menghadiri acara tertentu.

Bagi seseorang yang senang tampil bergaya modis dan kekinian tentunya akan selalu mengikuti perubahan tren sepatu yang kian berkembang. Bahkan sebagian orang menjadikan sepatu sebagai barang koleksi. Maka wajar jika seiring meningkatnya minat masyarakat, sepatu menjadi produk yang banyak diburu di pasaran. Fenomena ini bisa kita manfaatkan untuk bisa membangun usaha sendiri.

Berjualan sepatu dapat meminimalkan kerugian yang mungkin saja terjadi karena produk ini tidak akan rusak atau kadaluarsa berbeda dengan produk makanan yang ada masa kadaluarsanya. Kita hanya perlu menyimpan stock sepatu yang hendak dijual secara tepat agar kualitasnya terjaga. Selain itu, menjual berbagai macam sepatu akan meningkatkan keuntungan yang anda dapat raih. Hal ini karena semakin bervariasi model sepatu yang ditawarkan akan semakin menarik minat pelanggan.

·       Langkah Strategi Content Marketing Bisnis Sepatu Kamu

Strategi pemasaran konten dapat membantu pemilik usaha mendapatkan banyak traffic sampai dengan leads secara efektif.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, langkah selanjutnya adalah memahami aspek-aspek strategi content marketing diatas dan merencanakan langkah strategi selanjutnya yakni sebagai berikut:

1. Tetapkan Tujuan

Apa yang sebenarnya kamu inginkan dari penerapan content marketing untuk bisnis sepatu kamu?Jawabannya tergantung dengan tujuan bisnis kamu. Jika kamu dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka kamu sudah punya gambaran kemana bisnis sepatu kamu akan melangkah. Namun, jika belum, tidaklah mengapa. Gali dan cari tahu apa yang kamu mau terhadap bisnis sepatumu.

Contohnya kamu ingin agar tokomu banyak dikenali masyarakat, banyak memiliki pelanggan, bisa bersaing dengan berbagai kompetitor atau tujuan-tujuan lainnya.

2. Identifikasi Target Pasar

Melakukan identifikasi karakter calon pembeli, konsumen atau audiens yang ingin kamu sasar berguna untuk mengenal dan memahami audiens sebagai informasi yang berguna dalam eksekusi strategi content marketing bisnis sepatu kamu. Informasi berharga terkait audiens juga perlu kamu perbarui setiap rentang waktu tertentu agar konten yang kamu sampaikan bisa selalu relevan dan mengena dengan keadaan audiens saat ini. Sebagaimana prinsip ‘tak kenal maka tak sayang’, maka kenali lah audiens kamu agar produk sepatu makin disayang.

3. Tetapkan Medium Distribusi Konten

Tentukan platform yang tepat untuk content marketing bisnis sepatu milikmu sesuai dengan karakter target audience produkmu. Pemasaran konten dapat kamu lakukan di platform media sosial, blog, video marketing, email marketing, atau wadah-wadah lainnya.

4. Produksi dan Penerbitan Konten

Langkah pertama dalam memproduksi suatu konten adalah brainstorming ide. Setelah seluruh ide konten tertuangkan, maka pilih yang paling menarik dan relevan dengan target audiens, lalu eksekusi sesuai bentuk konten yang telah kamu tetapkan. Setelah tahap produksi konten selesai, langkah content marketing bisnis sepatu selanjutnya adalah penerbitan atau pengunggahan konten. Sebelum kamu unggah, kamu harus sudah menyiapkan kalender konten agar memudahkan jadwal terbit kedepannya. Kalender konten perlu ada sebagai acuan agar konten dapat didistribusikan secara rutin dan tetap terjadwal. Selain itu, fungsi lainnya adalah agar tim bisnis sepatu kamu konsisten melakukan content marketing agar tujuan bisnis kamu dapat segera tercapai.

5. Evaluasi Konten

Setelah konten terbit, apakah strategi content marketing bisnis sepatu berhenti sampai disitu saja?

Tentu tidak. Langkah selanjutnya adalah kamu perlu melakukan audit konten lama sebagai bahan evaluasi untuk konten-konten kedepannya. Orang-orang dibalik suksesnya strategi pemasaran melalui konten selalu mengamati, update, dan bereksperimen agar bisnis mereka selalu bisa melangkah ke depan. Pemilik bisnis sepatu seperti kamu juga bisa belajar teknik atau strategi pemasaran konten milik badan usaha lain. Salah satu contoh strategi yang bisa kamu tiru datang dari produsen sepatu, pakaian dan alat olahraga besar,

Nike berusaha memberikan layanan dan aktif membangun interaksi positif kepada pelanggan melalui salah satu media sosial secara interaktif, ramah, dan menyenangkan.Mereka bahkan membuat tiga akun secara terpisah dan punya tujuan yang berbeda-beda. Hal ini tentu agar konten yang berikan lebih bisa terfokus dan tidak menjalar kemana-mana. Wah, bisa nih kamu terapkan dalam content marketing bisnis sepatu kamu!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi

banner